Negara Yang Memerlukan Oksigen Terbanyak

KADAR OKSIGEN BUMI MENURUN

 

Beberapa Negara yang memerlukan oksigen terbanyak adalah Cina, United States, India, Rusia, Jepang, Jerman, Iran, Korea Selatan, Kanada, Saudi Arabia, Inggris, Amerika Serikat, Indonesia.
Lebih dari tiga juta orang meninggal dari efek polusi udara setiap tahun. Namun solusi dengan teknologi yang semakin canggih mungkin dapat segera membantu kita bernafas lebih mudah.
10 burung merpati London, Inggris, menjadi terkenal. Pemandangan burung merpati terbang ke langit dari Primrose Hall di utara London bukanlah sesuatu yang aneh. Namun burung-burung merpati ini mengenakan tas punggung. Dan tas punggung tersebut memonitor polusi udara.

Image result for gambar polusi udara

Di udara, tas punggung tersebut mengirimkan kualitas udara secara langsung lewat cuitan ke ponsel para penduduk London di darat. Di hampir setiap bacaan, hasilnya tidak bagus. Permasalahan polusi udara di London menjadi semakin buruk beberapa tahun belakangan, dan kadang meningkat lebih dari tiga kali batas legal Uni Eropa.
Burung-burung merpati dan tas punggung mereka adalah usaha terbaru dalam rangkaian usaha yang semakin putus asa untuk memonitor dan mengontrol polusi udara. Menurut WHO (World Health Organization), polusi adalah resiko lingkungan untuk kesehatan terbesar di dunia, dan "terus menjadi penyebab kematian dengan laju yang menggelisahkan". Polusi menewaskan lebih dari tiga juta orang setiap tahun dan menjadi masalah khusus di daerah perkotaan: hanya satu dari sepuluh orang tinggal di kota yang memenuhi pedoman kualitas udara WHO. Hal ini berlaku baik untuk negara maju maupun negara berkembang. Polusi udara di Delhi, India, memangkas harapan hidup penduduknya sebanyak 6,3 tahun dan satu dari 12 kematian di London berkaitan dengan udara kotor.

Materi partikulat atau PM (particulate matter), materi kecil yang dikeluarkan asap knalpot kendaraan, adalah pembunuh terbesar lewat udara. Ukuran terkecil partikel ini, PM2,5 -disebut demikian karena hanya berdiameter 2,5 mikrometer - dapat masuk ke jaringan paru-paru dan memasuki aliran darah, sehingga merusak arteri dan menyebabkan penyakit kardiovaskular. Nitrogen dioksida (NO2) adalah komponen paling mematikan berikutnya: dengan membuat radang di paru-paru dan membuat rentan terhadap infeksi, menyebabkan kematian 23.500 orang setiap tahun di Inggris saja.
Sehingga perjuangan untuk mengurangi polusi udara pun dimulai di kota-kota kita. Sementara solusi terbaik di jangka panjang adalah menghilangkan mobil yang menggunakan bahan bakar fosil, itu tidak akan membantu jutaan orang yang sekarat saat ini, sehingga sekarang solusi berteknologi tinggi harus digunakan.

Pendekatan yang paling menjanjikan dapat ditemui di Beijing, setelah Cina mendeklarasikan "perang melawan polusi". Petunjuk WHO menyatakan bahwa PM2,5 tidak boleh melebihi 25 mikrogram per meter kubik setiap hari - namun kabut asap di Beijing, yang sering disebut sebagai Airpocalypse, biasanya mencapai 10 kali lipat melebihi batasan tersebut. (Kota paling tinggi polusinya di Cina, Shijiazhuang, memiliki rata-rata 305 mikrogram per meter kubik.)
Duquesnoy mengatakan ini seperti kehebohan makanan sehat yang melanda negara asalnya, Prancis. "Orang-orang sekarang khawatir dengan apa yang mereka makan sehingga mereka selalu melihat bungkusan, membalikkan makanan dan membaca semua label. "Semakin kita tahu apa yang kita makan, katanya, semakin besar perhatian kita atas apa yang kita konsumsi. Dan kita mengkonsumsi sekitar 8.000 liter udara setiap harinya.

 

Polusi Udara

Keberadaan pencemaran memang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia, terlebih di kehidupan modern. Kehidupan manusia di masa modern ini manusia akan menemukan lebih banyak pencemaran dibandingkan dengan masa lampau. Salah satu alasannya karena pada masa lampau atau masa belum modern banyak kita temui pepohonan dimana- mana, sehingga kita tidak akan menemukan banyak pencemaran udara dan sebaliknya, udara akan terasa sangat sejuk. Polusi udara  dapat disebabkan oleh berbagai macam hal.

Beberapa penyebab dari polusi udara antara lain adalah sebagai berikut:

  • Banyak industri yang beroperasi

  • Banyaknya kendaraan yang mengeluarkan asap- asap kendaraan

  • Semakin menipisnya pepohonan yang hidup di lingkungan sekitar

  • Banyaknya sampah dimana- mana

  • Kebakaran hutan yang meraja lela, dan lain sebagainya

Itulah beberapa penyebab dari polusi udara. Selain penyebab yang disebutkan di atas, masih banyak penyebab lainnya yang dapat menyebabkan polusi udara, baik yang kita sadari maupun tidak kita sadari.

Dampak polusi udara

Polusi udara merupakan kondisi yang benar- benar tidak baik. Bukan hanya polusi udara saja, namun juga polusi yang lainnya, seperti polusi air, polusi tanah, bahkan polusi suara. Hal ini karena memang polusi merupakan kondisi yang merugikan karena keberadaannya tidak akan membuat kondisi menjadi lebih baik, bahkan semakin buruk saja. Adapun hal ini juga sudah termasuk polusi udara.

Polusi udara merupakan kondisi dimana udara yang kita hidrup sehari- hari akan berkeadaan buruk. Kondisi buruk yang dimaksud adalah jauh berbeda dengan indikator udara normal. Polusi udara ini dapat menganggu kegiatan atau aktivitas manusia dan bahkan menyebabkan berbagai macam dampak buruk bagi kesehatan manusia. Dampak polusi udara ini sangat bisa kita rasakan dalam kehidupan sehari- hari atau kondisi di lingkungan sekitar kita.

Adapun berbagai macam dampak dari polusi udara yang dapat kita rasakan antara lain sebagai berikut:

  1. Terjadinya gangguan pernafasan seperti misal gangguan paru- paru. Polusi udara sangat mudah sekali menyebabkan datangnya berbagai penyakit, terutama yang berhubungan dengan paru- paru.

  2. Mengganggu kesehatan kulit, sehingga kulit akan nampak kusam, elastisitas merosot, penuaan dini, keruput dini, flek hitam, hingga penyakit kanker kulit.

  3. Menyebabkan kambuhnya penyakit asma. Penyakit asma merupakan salah satu penyakit yang berhubungan dengan paru- paru dan sering timbul ketika menghirup udara yang koton selama beberapa waktu

  4. Menimbulkan penyakit batuk. Tindak lanjut dari penyakit pernafasan adalah batuk. Batuk ini akan sering muncul ketika banyak menghirup udara yang kotor dan tidak steril

  5. Mengganggu pandangan (misalnya asap kebakaran hutan yang ada di Sumatera)

  6. Menimbulkan stress dan juga cepat naik emosi

  7. Memicu terjadinya hujan asam. Penceraman udara atau polusi udara yang terlalu lama akan memicu terjadinya hujan asam. proses terjadinya hujan asam bisa dimulai ketika dana belerang atau sulfur dan juga nitrogen bereaksi dengan oksigen yang berada di udara. Hal ini tentu akan memicu timbulnya nitrogen dioksida. Kemudian nitrogen dioksida ini kemudian bereaksi lagi dengan uap air yang kemudian membentuk asam nitrat dan juga asam sulfat. Asam nitrat dan juga asam sulfat inilah yang akan bergejolak dan mengalami kondensasi membentuk awan yang kemudian turun menjadi hujan.

  8. Menimbulkan terjadinya pemanasan global. Pemanasan global merupakan dampak jangka panjang dari adanya polusi udara. Polusi udara dalam kategori tinggi dan dalam jangka waktu yang tidak terlalu singkat akan memicu terjadinya pemanasan global.

  9. Mengganggu pertumbuhan tanaman

  10. Polusi udara juga akan mengganggu pertumbuhan tanaman. Contoh penyakit yang bisa menyerang tanaman ketika dalam lingkungan udara yang berpolusi adalah klorosis, nekrosis, dan juga bintik hitam.

Itulah beberapa dampak yang dapat muncul akibat polusi udara yang semuanya merupakan dampak negatif. Dampak- dampak buruk tersebut dapat terjadi dan menjadi lebih parah apabila kita membiarkan atau tidak mengupayakan sesuatu untuk mengatasi polusi udara. Mengingat semakin majunya zaman, maka kita harus semakin waspada terhadap polusi udara dan juga mengupayakan berbagai macam cara agar lebih ramah lingkungan dan tidak menyebabkan polusi.

Sumber: 

http://www.tahupedia.com/content/show/397/10-Negara-Dengan-Tingkat-Polusi-Paling-Tinggi-Di-Dunia

https://ilmugeografi.com/ilmu-bumi/udara/solusi-pencemaran-udara